-->

√ Sepuluh tanda tanda hari Kiamat Kubra


Peristiwa akan datangnya hari Kiamat pasti terjadi, tetapi waktu dan kapan terjadinya hari itu tidak ada seorangpun makhluk di dunia ini yang mengetahuinya bahkan termasuk seorang utusan (para nabi) sekalipun. Kepastian datangnya hari Kiamat sudah dikabarkan Allah swt dalam andab Al Quran, bahwa hari kejadiannya pastilah datang dan jaraknya sudah dekat.

Mempercayai tentang hari Kiamat termasuk rukun iman yang kelima, maka bila saja anda tidak mempercayai salah satu dari rukun iman tersebut, maka anda akan dianggap telah keluar atau diluar dari keislaman. Dalam Qs. Al Hajj ayat 7 Allah swt berfirman : Dan sesungguhnya hari kiamat itu pastilah datang, tidak ada keraguan padanya.

Sepuluh tanda-tanda hari Kiamat Kubra 

Hari Kiamat adalah hari akhir bagi seluruh makhluk hidup yang pernah diciptakan Allah swt di atas bumi, semuanya akan musnah tak terkecuali termasuk Jin dan para Malaikat yang pernah bertugas di alam ini semuanya akan mati. sebelum hari besar itu terjadi akan ada tanda-tanda menjelang hari Kiamat terjadi.

Berikut ini merupakan tanda-tanda hari Kiamat Kubra (besar), menurut pandangan agama Islam. Untuk urut-urutannya para ahli tafsir dan hadits menyatakan masih tidak berurutan, karena diantara para ahli tafsir dan hadits dan dari keterangan pendapat lainpun masih ada perbedaan mengenai urutannya, berikut sepuluh tanda-tanda hari Kiamat Kubra :

  1. Terbitnya matahari dari sebelah barat, tanda ditutupnya pintu pertobatan manusia
  2. Muncul keluarnya makhluk Dajjal yang mengaku sebagai Tuhan
  3. Turunnya Nabi Isa As kedunia, yang akan membunuh binatang  babi, mematahkan palang Salib dan membunuh orang-orang kafir
  4. Keluar terlepasnya bangsa Ya'juj dan Ma'juj dari balik tembok pembatas pembuat kerusakan
  5. Munculnya seorang laki-laki yang di Bai'at sebagai Imam Mahdi di Mekkah (Khalifah terakhir)
  6. Terjadinya perang besar (Malhamah al Kubra) antara kaum muslimin dan bangsa Yahudi di negeri Palestina
  7. Kematian Isa Al Masih lalu di ikuti oleh Imam Mahdi
  8. Munculnya binatang melata (Dabbatul Ard) dari perut bumi yang memakai cincin Nabi Sulaiman As, dan membawa tongkat Nabi Musa As, yang akan mencap memberi tanda antara orang muslim dan orang kafir.
  9. Terjadinya serangan terhadap kota Mekkah namun tidak sampai karena pasukan itu sebelum sampai sudah tenggelam dipadang pasir
  10. Datangnya tiupan angin lembut dari sebelah timur yang mengambil nyawa orang-orang mukmin dimanapun berada dan membiarkan orang kafir tetap hidup.

Itulah sepuluh tanda-tanda hari Kiamat Kubra yang akan terjadi dimasa mendatang menurut pandangan agama Islam, Kesepuluh tanda besar hari Kiamat ini masih dapat dirasakan dan disaksikan oleh orang-orang mukmin, selain dari sepuluh tanda besar kiamat di atas ada tanda-tanda lainnya yang tidak akan disaksikan lagi oleh orang-orang mukmin. 

Tanda-tanda besar lainnya :

  1. Terjadinya kabut asap (Dukhon) yang menyelimuti seluruh permukaan bumi
  2. Terjadinya gerhana matahari 3 kali berturut-turut
  3. Terjadinya gempa bumi di sebelah barat, sebelah timur dan di Arab dan terjadinya penenggelaman bumi sebelah timur dan sebelah barat
  4. Keluarnya api dari negeri Yaman yang akan menggiring manusia ketempat berkumpulnya

Untuk tanda besar yang lainnya ini tidak lagi dapat disaksikan oleh orang-orang mukmin, karena seluruh orang-orang mukmin sudah tidak ada lagi, akibat adanya tiupan angin lembut dari sebelah timur yang mengambil nyawa seluruh orang mukmin.

Itulah sepuluh tanda-tanda hari kiamat kubra, semoga dengan adanya berita seperti ini akan menambah keyakinan dan keimanan anda terhadap Allah swt. wallahu a'lam
Advertisement
√ Sepuluh tanda tanda hari Kiamat Kubra