-->

√ Tanda tanda Dajjal akan muncul keluar di akhir zaman



Akan munculnya sesosok manusia yang masih dari keturunan Nabi Adam Alaihissalam yang membawa fitnah terbesar dan berbuat kerusakan di muka bumi, menjadi bahan pemikiran semua kalangan terutama dari kalangan cendikiawan muslim.

Bahasan tentang kapan munculnya Dajjal keluar dari persembunyiannya, cukup menarik untuk dibahas dikarenakan ini sangat berhubungan dengan aqidah keyakinan anda terhadap Allah swt. Bilamana saatnya itu tiba, untuk orang yang sudah mengetahui akan hal ini akan lebih waspada dalam menghadapinya. 

Tanda tanda Dajjal akan muncul keluar di akhir zaman

Kemunculan Dajjal sebagai pertanda hari kiamat besar akan segera terjadi, para ahli tafsir mengatakan bahwa munculnya Dajjal akan didahului dulu oleh musim kemarau tiga musim berturut-turut, kelaparan dan musnahnya pepohonan akibat tidak turun hujan dan hewan ternakpun pada mati. Keluarnya Dajjal dimulai pada saat kaum muslimin sedang memiliki kekuatan besar, dan tujuan Dajjal keluar dalam rangka mengalahkan kekuatan besar itu.

Dajjal akan muncul keluar dari arah timur dari arah persia, yang dulu disebutnya Khurasan. Imam Ibnu Katsir mngatakan bahwa Dajjal akan muncul dari daerah Ashbahan atau Isfahan dari daerah yang disebut Yahudiyah. Kemunculannya akan sangat jelas terlihat bila ketika Dajjal sudah sampai di suatu tempat di daerah Irak dan daerah Syam.

Dalam keterangan lain disebutkan bahwa Dajjal akan muncul ditengah-tengah pasukan Khawarij. Setelah muncul keluar dia akan membuat kerusakan di semua tempat kecuali di dua tempat, yaitu Makkah dan Madinah karena dua tempat itu dijaga oleh para malaikat yang menghunus pedang setiap kali mencoba masuk para malaikat penjaga akan langsung menghadangnya.

Dajjal juga tidak mampu memasuki empat Masjid, yaitu : Masjid Al Haram, Masjid Nabawi, Masjid Al Aqsa dan Masjid Ath Thur. Selanjutnya dajjal akan memasuki daerah bergaram Marriqanah.

Pada awal kemunculannya ia mengaku-ngaku sebagai orang muslim dan menyeru kaum muslimin, selanjutnya ia akan mengaku sebagai utusan, lalu kemudian dia akan mengaku sebagai Tuhan yang harus ditaati dan disembah.

Para pengikut Dajjal menurut pandangan Islam, antara lain : 

  1. Kebanyakan umat yahudi
  2. Orang arab
  3. Para wanita
  4. Orang fasik
  5. Munafik
  6. Orang kafir
  7. Rakyat jelata
  8. Suku-suku bangsa
  9. Anak hasil diluar pernikahan
  10. Kaum wanita seperti lelaki
  11. Kaum lelaki seperti kaum wanita
  12. Ada juga kaum yang dekat dengan Dajjal yang cuma berharap dapat makanan dari Dajjal padahal dia tahu siapa Dajjal yang sebenarnya.

Kemampuan yang dimiliki Dajjal 

Jauh sebelum nabi Muhammad saw di utus sebagai Rasul, para nabi dan Rasul sebelumnya juga sudah mewanti-wanti akan kedatangan makhluk Dajjal ini, akan tetapi ketika sampai pada zaman kenabian nabi Muhammad saw, keterangan mengenai Dajjal ini semakin jelas dan terang, ditambah lagi dengan bukti cerita Tamim Ad Dari sewaktu menceritakan pengalamannya ketika kapalnya terdampar disebuah pulau dan bertemu dengan orang yang mengaku Al Masihuddajal.

Dajjal mempunyai semacam Mukjizat yang pernah diberikan kepada para Nabi dan Rasul, tetapi kelebihan yang dimiliki oleh Dajjal ini merupakan Istidraj dari Allah swt. Yaitu kemampuan atau kesenangan yang diberikan Allah swt tetapi digunakan untuk hal kemaksiatan. Kemampuan dan kelebihan Dajjal, antara lain :

⇒ Mampu mengihupkan orang yang sudah mati
⇒ Dapat menyembuhkan orang buta
⇒ Dapat menyembuhkan orang berpenyakit lepra
⇒ Dapat memunculkan kesuburan tanah
⇒ Dapat membawa sungai
⇒ Membawa (menawarkan) surga dan neraka
⇒ Dapat menurunkan hujan
⇒ Dapat menumbuhkan tanam-tanaman di bumi
⇒ Dapat melihat kemana-mana 
⇒ Dapat mendengarkan kemana-mana
⇒ Mempunyai keahlian untuk menipu

Dalam keterangan yang lain dari Imam Ahmad, dikatakan bahwa Dajjal memiliki seekor keledai yang dapat terbang, lebar kedua telinganya 40 hasta, satu langkahnya sama dengan satu mil jaraknya, keledai itu memakan api dan menghembuskan asap, kecepatan terbangnya seperti hembusan angin, dapat terbang di daratan dan lautan, putaran bumi serasa cepat jika keledai itu sedang terbang.

Dajjal diiringi bersama dengan para setan dari golongan jin yang ingkar kepada Allah swt, yang diserupakan wajahnya dengan orang-orang yang telah lama meninggal, dan mereka (setan) berkata kepada orang-orang yang masih hidup atau saudara-saudara mereka yang mirip yang telah ditinggalkan bahwa Dajjal adalah Tuhan.

Keterangan lainnya menyatakan bahwa nanti ada seorang remaja yang beriman menemui Dajjal, dia berdiri di atas bukit Uhud dan mengatakan bahwa Dajjal adalah Dajjal. Saat bertemu Dajjal bertanya : Apakah anda percaya bahwa aku adalah tuhan jika aku membunuhmu dan menghidupkanmu lagi? kemudian Dajjal itu membunuh remaja itu lalu menghidupkannya lagi.

Setelah dihidupkan lagi remaja tersebut semakin tidak percaya bahwa Dajjal tetaplah Dajjal bukan tuhan. Setelah remaja itu hidup kembali atas ijin Allah swt, maka kemampuan Dajjal untuk melakukan itu menjadi hilang, ia tidak memiliki kemampuan lagi.

Kedatangan Dajjal sambil membawa unsur alam yang menyertainya seperti : aliran air sungai, ia akan membawa gunungan roti, mengeluarkan harta yang tertimbun dari reruntuhan bangunan. Dalam keterangan lain dikatakan : pada musim kemarau, Dajjal akan bertanya : Apakah anda menginginkan air atau api? jika menjawab air, maka api yang akan diberikanya. Jika jawabanya api, Dajjal akan memberinya air.

Dengan kata lain dajjal akan memberikan air jika mengakui bahwa dajjal adalah Tuhan dan keluar dari agama Allah (Islam) dengan kata lain menjadi murtad. Jika tetap memilih api dan tetap berada di jalan Allah swt maka akan dibunuhnya, tetapi ini merupakan suatu jalan keselamatan.

Berakhirnya kehidupan Dajjal

Menurut keterangan dari hadits yang di riwayatkan Imam Muslim, bahwa nanti Dajjal matinya akan dibunuh oleh Nabi Isa as yang turun lagi kedunia. di pintu gerbang kota Lud, Lud merupakan kota yang berada dekat di Baitul Maqdis di wilayah Elia Palestina dekat dengan Ramalah. 

Kota Lud merupakan kota berkembang yang ada di dataran Sharon, jaraknya seandar 15 km dari kota tel Aviv Israel. Dalam sejarahnya menurut Dr. Syauqi Abu Khalil : Kota Lud adalah dulu tempat tinggalnya suku Benyamin saudara Nabi Yusuf as putranya nabi Ya'qub. Luas kotanya seandar 12.226 km sejak masa Kanaan. Berdasarkan temuan sebuah tembikar bahwa kota Lud sudah ada sejak 5600-5250 sebelum masehi.

Dengan kemampuan yang dimilikinya atas ijin Allah swt, Dajjal merupakan sutau ujian yang paling berat yang Allah swt turunkan di muka bumi dalam rangka menguji keimanan, mana-mana saja yang akan termasuk hambanya yang tetap dalam keimanan, dan yang mana saja yang terfitnah oleh sihir dajjal dan menjadi pengikutnya dan tidak akan dapat kembali, selamanya tetap menjadi murtad.

Itulah bahasan mengenai Tanda tanda Dajjal akan muncul keluar di akhir zaman, dengan mengetahui tanda kemunculannya semoga anda lebih dapat menambah kewaspadaan demi menjaga keimanan anda terhadap Allah swt.

Dari berbagai sumber
Wallaahu a'lam
Advertisement
√ Tanda tanda Dajjal akan muncul keluar di akhir zaman