-->

√ Abbas Ibn Firnas | Penemu pesawat terbang pertama dari Ilmuwan muslim


Dalam buku-buku sejarah terutama buku sejarah umum banyak anda dapati hampir semua penemuan-penemuan yang berkaitan baik itu dengan pendidikan, kesehatan dan sains teknologi rata-rata kebanyakan penemunya dari bangsa barat (Eropa), hanya sedikit sekali pembahasan mengenai Ilmuwan dari kalangan muslim.

Selang beberapa lama dunia literasi berubah dan berangsur-angsur menemukan kembali titik terang yang sudah ribuan tahun terkubur, bahwa sebenarnya jauh-jauh hari sebelumnya para Ilmuwan dari kalangan muslim juga sudah berkontribusi besar terhadap perkembangan dunia Ilmu pengetahuan dan teknologi.

Abbas Ibnu Firnas merupakan seorang matematikawan, astronom, fisikawan dan ahli dalam penerbangan muslim yang hidup pada abad ke 9 Masehi, dialah orang yang pertama kali menemukan ide pembuatan pesawat terbang yang terjadi pada tahun 852 masehi, dengan dua sayap yang dapat bergerak.

Meskipun masih sangat sederhana, namun ia telah membuktikan pada dunia bahwa ide pembuatan pesawat terbang yang pertama kali ada di dunia berawal dari pemikiran beliau. Dalam kisahnya disebutkan bahwa ia pertama kali mempraktekan hasil rancangannya itu dilakukan dari atas menara Masjid Kordoba.

Abbas Ibn Firnas dilahirkan di Izn Rand Onda negara Spanyol pada tahun 810 Masehi. Beliau hidup  pada zaman semasa pemerintahan Bani Umayyah II yang ada di Andalusia Spanyol tepatnya berada di kota Cordova.

Meskipun masih dalam kondisi sederhana seperti pesawat paralayang namun untuk ukuran seorang penemu ini sangatlah penting untuk diingat, dan dibanggakan karena adanya kesempurnaan berawal dari sebuah titik dasar penemuan.

Dalam peradaban sekarang ini tidak menutup mata bahwa Orville dan Wilbur Wright bersaudara adalah orang yang pertama menerbangkan pesawat terbang, dan ini terjadi pada tahun 1903 Masehi.

Barangkali penemuan pesawat terbang yang ada diperadaban sekarang ini terinspirasi dari penemu awalnya yakni Abbas Ibnu Firnas, yang seorang Ilmuwan Muslim yang hidup pada masa kekhalifahan Dinasti Bani Umayyah II yang berkuasa di Andalusia Spanyol tepatnya di kota Cordova.

Dari berbagai sumber
Wallaahu a'lam
Advertisement
√ Abbas Ibn Firnas | Penemu pesawat terbang pertama dari Ilmuwan muslim