-->

√ Tata cara berwudlu sesuai Sunnah Nabi


Bagi seluruh umat muslim di dunia amalan berwudlu dahulu sebelum melaksanakan peribadatan yang namanya ibadah shalat, baik itu shalat wajib maupun shalat sunat lainnya merupakan suatu keharusan. Adapun cara berwudlu yang benar dapat mengantarkan pada diterimanya amalan peribadatan anda, dan tentunya anda sangat mengharapkan apa yang telah anda lakukan untuk menjalankan semua perintah peribadatan itu diterima oleh Allah swt.

Berbicara tentang tata cara berwudlu sesuai Sunnah, mungkin anda sering melihat ada perbedaan dengan apa yang suka anda lakukan selama ini, meskipun demikian anda jangan dulu berfikir tentang salah dan benar ada baiknya anda cari dulu sumber dalil asalnya.

Dalam melakukan kegiatan peribadatan-peribadatan khususnya dalam menjalankan syari'at ajaran Islam, anda jangan melakukan sesuatu peribadatan yang tanpa ada dalil sumber asalnya, terutama dari sumber dalil yang kurang jelas dari mana sumber asalnya.

Melakukan perbandingan Madzhab masih diperlukan guna memilih mana yang lebih sesuai dengan apa yang telah di kerjakan oleh Rasululloh saw dan mana yang tidak pernah dilakukan oleh Rasulullah saw. Jika apa yang anda lakukan tidak sesuai dengan tutntunan sunnah nabi-Nya maka peribadatan yang anda lakukan akan sia-sia dan dikatakan sebagai perbuatan yang baru (bid'ah)

Berwudlu merupakan bagian dari tata cara bersuci dari najis, kenapa berwudlu ini diwajibkan sebab kegiatan ibadah terutama shalat harus benar-benar bersih apa lagi harus bersih dari najis, karena anda akan menghadap Tuhan yang maha suci (Allah). 

Sebelum kepada pembahasan bagaimana tentang tata cara berwudlu, di Hadits nomor 36 pada Kitab Bulughul Marom, Rasulullah saw bersabda :
Kalaulah tidak memberatkan atas umatku tentulah aku memerintahkan kepada umatku untuk bersiwak (menggosok gigi) dalam setiap berwudlu
Dalam kandungan hadits di atas mengandung arti bahwa kebersihan merupakan sesuatu yang harus di lakukan, gigi merupakan organ tubuh yang anda tahu suka mengeluarkan bau yang tidak sedap maka dengan sebab ini anda harus memeliharanya supaya jangan sampai terjadi pembusukan bau mulut, karena islam adalah agama yang bersih dan sangat menitikberatkan pada kebersihan atas umatnya.

Daftar berikut merupakan beberapa hal yang harus dibersihkan dan terbebas dari najis sebelum akan melakukan Ibadah shalat :

a.   Bersih pakaiannya
b.   Bersih badannya
c.   Bersih makanannya
d.   Bersih airnya

Adapun tata cara berwudlu, antara lain :

  1. Di awali dengan doa
  2. Membasuh kedua telapak tangan kanan dan kiri sebanyak 3 x
  3. Berkumur dan menghirup air ke hidung dan membuangnya sebanyak 3x
  4. Membasuh wajah sebanyak 3 x
  5. Membasuh tangan kanan sampai siku sebanyak 3 x
  6. Membasuh tangan kiri sampai siku sebanyak 3 x
  7. Mengusap rambut dari depan kepala sampai pundak, kemudian kembali lagi di usapkan ketempat yang semula, Setelah mengusap rambut langsung masukan kedua telunjuk kedalam kedua lubang telinga kanan dan kirinya, sambil mengusap daun telinga bagian luar dengan kedua ibu jarinya sebanyak 1 x
  8. Membasuh kaki kanan sampai mata kaki sebanyak 3 x
  9. Membasuh kaki kiri sampai mata kaki sebanyak 3 x
  10. Kemudian di akhiri dengan do'a

Manfaat berwudlu sangat banyak sekali salah satunya dapat menjaga kesucian diri, apalagi jika berwudlu ini tidak hanya dilakukan ketika akan melakukan ibadah shalat saja. Berwudlu dulu ketika akan membaca andab al Qur'an, berwudlu dulu ketika akan istirahat tidur.

Orang yang senantiasa  menjaga dirinya dari wudlu akan terlihat pancaran sinar keislaman di wajahnya dan wajahnya nampak segar berseri.

Itulah tentang tata cara bagaimana cara berwudlu yang sesuai dengan tuntunan sunnah nabi saw.

Sumber : Kitab Bulughul Maram Bab : Wudlu
Advertisement
√ Tata cara berwudlu sesuai Sunnah Nabi
Next
This Is The Current Newest Page